Selain Vaksinasi, Berikut 5 Cara Mencegah Penularan Hepatitis : Okezone health

HEPATITIS menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak dialami masyarakat Indonesia. Bahkan penularan hepatitis di Tanah Air terbilang cukup tinggi.

Penyakit hepatitis sendiri terdiri dari dua jenis yakni hepatitis A dan hepatitis B. Namun, sebenarnya penyakit ini bisa dihindari dengan beberapa cara. Dengan mengetahui cara menghindarinya, maka mata rantai penularan hepatitis di Indonesia bisa diatasi dengan mudah.

Lantas bagaimana saja caranya? Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/8/2023) berikut ulasannya.

1. Rajin mencuci tangan

Pencegahan penularan penyakit Hepatitis yang paling sederhana adalah dengan membiasakan diri untuk rajin mencuci tangan.

Sebab, mencuci tangan mampu membunuh virus penyakit, termasuk Hepatitis. Anda bisa gunakan air mengalir dengan sabun atau juga bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol agar virus mati.

2. Menjaga kebersihan

Kebersihan

Kebiasaan untuk selalu menjaga kebersihan tidak hanya mencegah Anda dari penularan penyakit Hepatitis, namun juga dari penyakit-penyakit menular lainnya. Apalagi, bagi Anda yang memang tinggal di lingkungan yang memiliki resiko tinggi adanya penularan penyakit Hepatitis, khususnya Hepatitis A dan E yang penularannya sangat mudah.

Selain kebersihan lingkungan, Anda juga harus menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya, usahakan untuk konsumsi makanan dan minuman yang matang, bersih, dan diolah dengan higienis. Bila Anda makan di luar, pilihlah makanan yang dijamin matang.

Beberapa makanan mentah, seperti kerang juga cenderung berisiko menjadi medium berkembangnya virus penyebab Hepatitis.


Follow Berita Okezone di Google News


3. Menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan badan

Menggunakan pengaman

Melakukan hubungan seksual juga memiliki resiko tinggi tertular penyakit Hepatitis. Hepatitis B, misalnya, dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti air mani dan cairan vagina.

Baca Juga  Intip Uniknya Kuali Seafood Fame Hotel Gading Serpong Dihidangkan Langsung di Atas Meja

Bagi Anda yang berhubungan seks dengan pasangan yang terpapar Hepatitis, risiko terkena hepatitis pun semakin besar, terutama saat tidak menggunakan alat kontrasepsi. Oleh karena itu pastikan memakai alat kontrasepsi jika suami atau istri Anda mengidap Hepatitis.

4. Menjaga kesehatan hati

Menjaga kesehatan

Hati merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh yang juga memiliki peranan besar, salah satunya menghancurkan racun dalam darah. Oleh karena itu sangat penting untuk tetap menjaga fungsi liver dengan tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat mengurangi atau bahkan merusak fungsi liver.

Ini bisa dilakukan dengan tidak mengonsumsi alkohol yang berlebihan, tidak merokok, dan tidak melakukan seks bebas berisiko tinggi.

5. Jangan Menggunakan Barang Bersamaan

Kebiasaan melakukan sharing atau pemakaian bersama barang-barang pribadi bisa menjadi salah satu faktor penularan penyakit Hepatitis. Beberapa barang pribadi yang tidak boleh digunakan secara bersamaan, seperti sikat gigi, lipstik, alat pencukur, pemotong kuku dan masih banyak lagi.

Bahkan, penggunaan barang tersebut kadang terjadi luka minor. Sehingga akan ada darah pada alat tersebut dan terkadang tidak terlihat. Darah tersebutlah yang membuat virus hepatitis menular.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *