Proyek Tol Cigombong-Cibadak Habiskan Biaya Rp3,2 Triliun : Okezone Economy

SUKABUMI Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Ruas Cigombong-Cibadak akhirnya diresmikan. Peresmian dilakukan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Negara mengatakan, jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan. Proyek tol tersebut menghabiskan anggaran Rp3,2 triliun.

“Ruas ini menelan anggaran biaya Rp3,2 triliun,” ujar Jokowi, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023).

Jokowi berharap dengan selesainya jalan tol tersebut. Akses masyarakat semakin dipermudah terutama menuju Sukabumi.

“Kita harapkan nantinya dengan selesainya ruas jalan ini, nani kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Unjung Genteng, ke Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampe 5 jam, kadang bisa sampe 6 jam,” kata Jokowi.

Menurutnya, dengan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ini dapat mempermudah mobilitas masyarakat dan barang serta memangkas waktu.

“Sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam. Ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang,” kata Jokowi.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


Jokowi menjelaskan ketertarikan para investor dalam membangun jalan tol di Jawa Barat. Hal itu dikarenakan jalan tol saat ini paling banyak dibangun di Jawa Barat.

“Dan juga yang berkaitan dengan investasi. Karena dari survei, para investor yang ada, kenapa di Jawa Barat, Provinsi Jawa Barat menduduki rangking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan-jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” ungkapnya.

Baca Juga  Wuih, PLN Sabet 5 Penghargaan Internasional Ungguli Perusahaan Asing 

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *