PLN Hub Siap Integrasikan Jaringan Telekomunikasi Digital di IKN Nusantara 

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) resmi memulai pembangunan PLN Hub, yang dirancang sebagai pusat ekosistem transisi energi dan digitalisasi terbesar serta pertama di Indonesia. 

Nantinya, PLN melalui subholdingnya, PLN Icon Plus, akan memperluas jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Budi Arie Setiadi mengungkapkan, PLN Hub akan mengintegrasikan seluruh ekosistem kelistrikan di IKN, memainkan peran penting dalam mendukung pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) yang sedang direncanakan oleh pemerintah.

“Keberadaan PLN Hub ini bisa sangat membantu pengoperasian pusat data nasional di IKN. PLN Hub ini kan seluruh ekosistem kelistrikan di Nusantara, termasuk juga bagaimana infrastruktur telekomunikasi dan infrastruktur digital ini diwujudkan,” ujar Budi Arie, Kamis, 6 Juni 2024.

Menurut Budi Arie, PLN Hub diharapkan dapat mendukung implementasi jaringan 5G di IKN, sebagai bagian dari infrastruktur konektivitas digital.

Untuk itu, dibutuhkan peran pasokan listrik yang andal dari PLN Hub, sehingga jaringan 5G dapat beroperasi optimal, memastikan konektivitas digital di IKN.

Selain itu, kata Budi Arief, PLN Icon Plus juga berperan penting dalam mendukung infrastruktur telekomunikasi.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah atas kepercayaan yang diberikan kepada PLN untuk berkontribusi dalam pengembangan IKN.

Darmawan menjelaskan, PLN Hub akan berfungsi tidak hanya sebagai pusat energi tetapi juga sebagai pusat telekomunikasi. PLN Icon Plus akan mendukung pembangunan jaringan telekomunikasi dan digitalisasi di IKN.

“Kami pastikan PLN Hub akan menjadi episentrum research and development, kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN serta transisi energi di Indonesia,” jelas Darmawan.

Darmawan juga menggarisbawahi bahwa PLN Hub dibangun dengan konsep Green, Smart, and Beautiful, dengan melibatkan arsitek terbaik bangsa.

Baca Juga  Waduh! Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Lagi, 1 Orang Dikabarkan Meninggal

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi menyatakan, PLN Icon Plus berkomitmen mendukung pembangunan ketenagalistrikan berkelanjutan di IKN, salah satunya dengan menyediakan layanan telekomunikasi modern.

Dikatakan Ari, Sistem ketenagalistrikan dan telekomunikasi yang dibangun secara terintegrasi dengan teknologi terbaru dan proteksi tinggi ini akan mendukung ekosistem green, smart dan beautiful di IKN.

PLN Hub akan menjadi pusat pengendali sistem kelistrikan dan digital yang sangat andal, mendukung konektivitas digital di IKN untuk pemerintah, bisnis, rumah tangga, dan operator telekomunikasi. 

Otorita IKN telah memberikan hak perlintasan jaringan fiber optik kepada PLN Icon Plus untuk memastikan IKN terkoneksi secara digital, sesuai dengan Keputusan Kepala Otorita IKN No. 52 Tahun 2003.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *