Museum SBY-ANI Resmi Dibuka di Pacitan, Pamerkan Pengalaman Hidup SBY dan Ani Yudhoyono : Okezone News

PACITAN – Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Museum dan galeri SBY-ANI di Ploso, Pacitan, Kamis (17/8/2023).

Museum seluas 1.5 hektare ini merupakan persembahan SBY untuk rakyat Indonesia masa kini dan masa mendatang, sekaligus tanda cinta abadi SBY kepada almarhumah ibu Ani Yudhoyono dan keluarga tercinta.



Ketua Asosiasi Museum Indonesia, Putu Supadma Rudana yang hadir dalam peresmian museum SBY-ANI mengatakan, museum dan galeri SBY-ANI merupakan salah satu museum yang terbaik di tanah air.

“Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, acara malam ini berjalan dengan lancar. Museum SBY-ANI telah diresmikan oleh Presiden ke-6, bapak SBY bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia ke-78. Selain dipenuhi koleksi barang-barang seni Ibu Ani Yudhoyono, koleksi museum SBY-ANI juga menggambarkan perjalanan bapak SBY sejak masa kecil di Pacitan, berkarir di TNI Angkatan Darat hingga menjadi presiden RI ke-6 selama 10 tahun,” katanya.

“Ada juga replika kamar kecil SBY, kamar kontemplasi, hingga gubuk komando yang bisa dipakai untuk spot foto pengunjung. kemudian replika perpustakaan pribadi SBY yang berisi 15.000 buku koleksi baik dalam dan luar negeri, juga buku-buku yang ditulis SBY selama menjabat sebagai presiden RI. Lalu ada batik, batik Pacitan, tenun, patung, kain, alat musik dan benda-benda lainnya yang memiliki nilai seni karya tinggi yang berasal dari berbagai daerah di tanah air dan luar negeri. Museum ini dipersembahkan oleh bapak SBY untuk rakyat Indonesia, untuk TNI, serta persembahan sebagai bukti tanda cinta yang abadi bapak SBY kepada almarhumah Ibu Ani Yudhoyono,” kata Putu dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, konsep serta desain Museum dan Galeri SBY-ANI terinspirasi dari sejumlah museum pemimpin negara, dari Soekarno, Soeharto hingga empat presiden Amerika Serikat yakni yakni George Walker Bush, Harry S Truman, Dwigt D Eisenhower, dan Bill Clinton.

Baca Juga  Diduga Skizofrenia, Pria Paruh Baya Terjun dari Lantai 6 Apartemen Modernland Tangerang


Baca Juga: Dorong Desa Wisata, Pertamina Luncurkan Wajah Baru Balkondes Wringinputih


Follow Berita Okezone di Google News


Wakil ketua fraksi partai Demokrat ini juga mengatakan bahwa museum dan galeri SBY-ANI dapat menjadi sumber perekonomian baru bagi masyarakat di Pacitan. Kata Putu, museum itu akan berdampak positif dalam berbagai aspek seperti pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial budaya dan kemajuan permuseuman di Indonesia.

Seperti diketahui publik, kepiawaian Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam dunia lukis memang tak perlu diragukan lagi. Tidak main-main, hingga saat ini SBY sudah berhasil menciptakan lebih dari 50 karya lukisan, dan mayoritas tentang keindahan alam Indonesia. Salah satunya adalah lukisan tentang Gunung Agung Bali yang karyanya kini menjadi bagian koleksi dari Museum Rudana.

Lukisan SBY merupakan paduan antara naturalisme, realisme, ekpresionisme, serta ada unsur abstraknya. Garis-garis dalam karya lukisan SBY sangat kuat, dengan keberanian memadukan warna yang membuat kontras. Langit dan bumi diantara awan, gunung, laut dan ombaknya menyatu dengan cantik di kanvas SBY. Cat acrylic membuat paduan antara garis dan warna pemandangan menjadi sangat berkesan.

Sehari usai diresmikan, museum SBY-ANI akan langsung dibuka untuk umum dengan jam operasional dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Layanan dibuka setiap hari kecuali Selasa. Libur sehari tiap minggunya yang dimanfaatkan pengelola untuk perawatan.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *