Jokowi Bangga Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih dari 5%, Setara China dan India : Okezone Economy

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia alami peningkatan ekonomi hingga 5% bersama tiga negara anggota G20 lainnya, yakni India dan China.

“Di G20, negara-negara G20 yang tumbuh di atas 5 persen itu hanya Indonesia, India, RRT (China),” kata Jokowi dalam Munas Real Estate Indonesia (REI) 2023 di Jakarta seperti dilansir Antara.

G20 adalah forum multilateral yang terdiri atas 19 negara dan 1 kawasan Uni Eropa, dengan kontribusi 79 persen terhadap perdagangan global dan 85% perekonomian dunia.

Jokowi mengatakan pada kuartal II tahun 2023, ekonomi Indonesia masih tumbuh di atas 5% yakni 5,17% secara tahunan (yoy).

Dia menambahkan, dengan pencapaian itu pertumbuhan ekonomi Indonesia telah mencapai 5 persen dalam tujuh kuartal berturut-turut.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


“Kinerja ekonomi kita sudah membaik, ini disampaikan Pak Totok (Totok Lusida) Ketua REI. Sudah diumumkan Senin kemarin pertumbuhan ekonomi kita 5,17%,” imbuh Jokowi.

Tidak hanya itu, daya saing Indonesia juga telah meningkat 10 peringkat menjadi peringkat 34 dari peringkat 44. Kenaikan 10 peringkat tersebut merupakan yang tertinggi di dunia.

Tanpa daya saing yang baik, lanjutnya, akan sulit bagi suatu negara untuk bisa bersaing di perekonomian global dan meraih investasi.

“Karena persaingan negara ini sangat ketat sekali, memperebutkan investasi. Semuanya direbutkan, saling memperbaiki diri, kecepatan perizinan, kecepatan pembebasan lahan, semuanya,” katanya.

Peningkatan investasi yang ditopang perbaikan daya saing menjadi penting karena lompatan pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak bisa hanya bergantung pada sumber pendanaan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca Juga  Tsouth Kustom Kulture Jadi Gelaran Pembuka Jelang HUT ke-15 Tangsel

“Kalau tergantung pada APBN, negara-negara itu juga mungkin tak tumbuh. Investasi menjadi kunci,” pungkasnya.

Baca Selengkapnya: Setara China-India, Jokowi Pamer Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih dari 5%

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *