Instagram dan Facebook Eror Hari Ini, Mendadak Tak Bisa Buka Beranda

TANGERANGNEWS.com- Media sosial di bawah naungan Meta, Facebook dan Instagram mengalami gangguan, Selasa, 5 Maret 2024.

Berdasarkan pantauan TangerangNews, eror tersebut berupa gagal memuat beranda di Instagram, sementara Facebook tiba-tiba log out dengan sendirinya.

Sontak gak itu menghebohkan warganet, khususnya para pengguna aplikasi besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Tagar Instagramdown dan Facebookdown mendadak menjadi trending topik di media sosial X (Twitter), sejumlah warganet mempertanyakan alasan tak bisa mengakses kedua media sosial tersebut.

Saat Instagram atau Facebook sedang down, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut di antaranya.

1. Periksa Koneksi Internet Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa koneksi internet Anda stabil dan berfungsi dengan baik. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil atau memiliki sinyal seluler yang kuat. 

Anda juga dapat mencoba membuka situs web atau aplikasi lain untuk mengonfirmasi apakah masalah terbatas pada Instagram atau koneksi internet Anda secara keseluruhan.

2. Coba Muat Ulang Aplikasi Instagram

Jika Anda mengalami masalah saat menggunakan aplikasi Instagram di perangkat mobile, langkah selanjutnya adalah mencoba me-restart aplikasi. Tutup aplikasi Instagram sepenuhnya dan buka kembali. 

Ini akan membersihkan cache dan mungkin membantu memperbaiki masalah sementara yang menyebabkan Instagram tidak berfungsi.

3. Periksa Status Layanan Instagram

Ketika Instagram mengalami gangguan, mereka sering memberikan pembaruan melalui akun Twitter resmi mereka @instagram. Anda dapat memeriksa tweet terbaru dari mereka untuk mengetahui apakah masalah sedang terjadi dan apakah sedang dalam proses perbaikan. 

Jika mereka melaporkan adanya masalah, maka Anda hanya perlu bersabar dan menunggu sampai mereka memperbaikinya.

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghapus cache dan data aplikasi Instagram. Masuk ke pengaturan perangkat Anda, cari daftar aplikasi, temukan Instagram, dan hapus cache serta data. 

Baca Juga  5 Destinasi Wisata Keren di Kutai Kartanegara, Daerah Berjuluk Kota Raja : Okezone Travel

Setelah itu, buka kembali aplikasi Instagram dan masuk dengan akun Anda. Ini akan menghapus data sementara yang mungkin menyebabkan masalah saat menggunakan aplikasi.

5. Gunakan Versi Web Instagram

Jika Anda tidak dapat mengakses Instagram melalui aplikasi mobile, Anda selalu dapat mencoba menggunakan versi web Instagram di peramban web Anda. 

Buka peramban web favorit Anda dan kunjungi “www.instagram.com”. Anda akan dapat mengakses sebagian besar fitur Instagram melalui versi web ini dan tetap terhubung dengan pengikut Anda.

6. Perbarui Aplikasi Instagram

Pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi Instagram. Terkadang, masalah yang Anda hadapi dapat diselesaikan dengan menginstal pembaruan terbaru yang diberikan oleh Instagram. 

Buka toko aplikasi Anda (Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS), cari Instagram, dan perbarui aplikasi jika ada pembaruan yang tersedia.

Ketika Instagram mengalami masalah dan down, tidak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu perbaikan dari pihak Instagram. Namun, dengan mengikuti beberapa langkah di atas, Anda dapat mencoba mengatasi masalah dan memulihkan akses ke akun Instagram Anda.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *