Beredar Pesan Berantai Imbauan Radiasi Kosmik Tinggi di WhatsApp, Ini Faktanya

TANGERANGNEWS.com- Baru-baru ini muncul pesan berantai yang beredar di aplikasi perpesanan WhatsApp.

Dalam pesan berantai tersebut, dinarasikan imbauan agar mematikan atau menjauh dari benda-benda elektronik seperti smartphone, laptop, dan lainnya.

Menurut narasi pesan berantai, hal itu dikarenakan adanya radiasi tinggi kosmik yang melintasi bumi.

Setelah ditelusuri, rupanya pesan berantai tersebut sudah kerap disebarkan sejak 2017 silam.

Dapat dikatakan pesan berantai berisikan imbauan menghindari alat elektronik pada dini hari ialah berita bohong atau hoaks.

Melansir Kompas.com, Kabag Humas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Jasyanto pada 27 Juli 2018 telah menegaskan bahwa narasi dalam pesan berantai itu tidaklah benar.

“Itu hoaks, tidak benar,” singkatnya.

Diketahui, pesan berantai tersebut sudah menyebar beberapa kali sejak 2017, kemudian 2018, 2022, hingga kembali muncul pada Kamis, 29 Februari 2024.

Berikut narasi lengkapnya:

Malam ini antara jam 00:30pagi hingga 3.30pagi pastikan off hp, laptop dll dan jauhkn dr badan anda. TV Singapore tlh mengumumkn berita tersebut. Tlg beritahu keluarga dan sahabat2 anda. Malam ini antara jam 00:30 pagi hingga 3.30 pagi bumi kita akan menghadapi radiasi yg paling tinggi. Pancaran cahaya Cosmic akan melintasi dekat dgn bumi. Oleh itu off hp dll dan jauhkn dr badan anda sbb akn menyebabkan kita mendapat efek radiasi yg berbahaya….Boleh lihat di google dan NASA dan berita BBC. Bagikan pesan ini kpd org2 lain yg penting bagi keluarga ,Teman,Sahabat, dan juga anak istri anda. Anda blh menyelamatkan nyawa banyak orang dengan berbuat demikian…

Semoga bermanfaat

Aamiin..



Quoted From Many Source

Baca Juga  The First Stone Tangerang Hadirkan Rumah 3 Lantai Seharga Rp1 Miliaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *