Begini Kelanjutan Proyek MRT Tembus ke Tangsel, Keseriusan Pemda Dipertanyakan 

TANGERANGNEWS.com- Proyek MRT Jakarta yang akan diperluas hingga Tangerang Selatan terus menjadi perhatian, hingga akhirnya diberi tanggapan pihak-pihak terkait.

Salah satunya juru bicara Kemenhub Adita Irawati menyatakan, proyek ini dapat dilanjutkan asalkan pemerintah daerah terlibat dan mampu berkontribusi. 

Menurut Adita, MRT membutuhkan partisipasi dari pemerintah daerah, seperti halnya DKI Jakarta yang ikut dalam pendanaan. “Sekarang harus dilihat, Tangerang, dalam hal ini Banten atau Tangsel ada kemampuan itu atau tidak? Jadi itu harus ada, karena ketentuannya demikian, sama seperti MRT Jakarta, DKI juga dalam ini kontribusi, tergantung daerah,” ujarnya dikutip dari CNBC Indonesia, Sabtu, 8 Juni 2024.

Dijelaskannya, Ppndanaan menjadi faktor kunci apakah proyek ini dapat berlanjut. Adita menekankan bahwa tidak mungkin semua biaya ditanggung oleh pemerintah pusat; perlu ada kerja sama dengan pemerintah daerah. 

Terlebih, Pendanaan MRT tidaklah kecil, sehingga harus ada komitmen dari daerah untuk turut mencari pendanaan.

Sebagai gambaran, pembangunan MRT Jakarta fase 1 memerlukan biaya sebesar Rp16 triliun dengan 13 stasiun dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI. 

Fase 2, yang dimulai pada 2022 dan diperkirakan selesai pada 2029, membutuhkan dana Rp25,3 triliun. Oleh karena itu, perlu pendanaan tambahan selain dari pemerintah pusat.

Adita menambahkan, jika pemerintah daerah dapat memenuhi ketentuan dan menunjukkan komitmen yang serius, Kemenhub akan melanjutkan proyek tersebut. 

“Kita pasti tindaklanjuti kalau memang ada kesanggupan dan ada komitmen,” katanya.

Di sisi lain, Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga memberikan tanggapan terkait kelanjutan proyek ini. 

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan Bambang Noertjahjo mengungkapkan, saat ini proyek tersebut masih dalam tahap pembahasan teknis dan belum mencapai tahap kebijakan. 

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub sebelumnya telah melakukan kajian rute MRT Jakarta yang akan diperpanjang hingga Tangerang Selatan. 

Baca Juga  Edukasi Masyarakat, Relawan Ganjar Pranowo Gelar Seminar Kuliner Khas Daerah : Okezone News

Perpanjangan rute ini akan dimulai dari stasiun terakhir MRT Jakarta di Lebak Bulus hingga Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Berikut rute MRT Jakarta yang diperpanjang hingga Tangerang Selatan.

– Lebak Bulus

– Stasiun UMJ

– Stasiun UIN Syarif Hidayatullah

– Stasiun Pasar Ciputat

– Stasiun Pustekkom

– Stasiun Pondok Cabe

– Stasiun Pamulang Barat

– Stasiun Pondok Benda

– Stasiun Babakan

– Stasiun Puspitek

– Stasiun Rawa Buntu

– Tangerang Kota



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *