Asyik! Tarif LRT Jabodebek Bakal Ada Promo hingga Akhir Tahun

Berita118 Dilihat

Jakarta: Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menyampaikan bakal menerapkan harga khusus untuk moda transportasi kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) saat beroperasi pada akhir bulan ini.
 
“Ada rencana nantinya dikenakan tarif khusus sampai akhir tahun. Mohon ditunggu pengumuman resminya ya,” kata Adita saat dihubungi Media Indonesia, Kamis, 10 Agustus 2023.
 
Adapun, tarif khusus tersebut akan lebih murah dari harga tarif terjauh tiket LRT Jabodebek yang dibanderol Rp20 ribu sampai Rp25 ribu. Adita menambahkan, penetapan tarif tersebut sudah disubsidi oleh pemerintah.

Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Yang ditetapkan dalam aturan sudah mengandung subsidi atau public service obligation (PSO),” jelasnya.
 
Diketahui, LRT Jabodebek terbagi dalam tiga lintas pelayanan. Pertama, dari Stasiun Cawang menuju Stasiun Harjamukti dengan panjang 14,89 kilometer (km).
 
Sementara, lintas pelayanan kedua dari Stasiun Cawang menuju Stasiun Dukuh Atas sepanjang 11,05 km. Sedangkan lintas ketiga dari Stasiun Cawang menuju Stasiun Jatimulya di Bekasi Timur sepanjang 18,49 km.
 

Beroperasi mulai 26 Agustus

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menerangkan, telah dilakukan persiapan di berbagai sisi untuk memastikan operasional LRT Jabodebek dapat berjalan dengan baik. Sesuai dengan arahan pemerintah, LRT Jabodebek rencananya akan diresmikan dan mulai beroperasi untuk publik pada Sabtu, 26 Agustus 2023.
 
Seluruh operasi LRT Jabodebek dilakukan secara otomatis tanpa masinis, menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3.
 
“Sistem yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia ini terus kami lakukan penyempurnaannya agar saat melayani pelanggan dapat beroperasi dengan lancar, dan nyaman,” ujarnya dalam keterangan resmi.
 
Pembangunan LRT Jabodebek dilakukan melalui kerja sama berbagai pihak yang solid untuk menghadapi dinamika dan berbagai tantangan yang ada. Sehingga akan dapat mengejar penyelesaian proyek dengan progres saat ini telah mencapai 98,26 persen.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(HUS)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Fajar Alfian Rian Ardianto Beberkan Faktor yang Buat Permainan Kurang Maksimal di Beberapa Turnamen Terakhir : Okezone Sports

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *