7 Tips Jitu Raih Peluang Kuliah di Luar Negeri, Harvard dan Oxford Bukan Sekadar Mimpi : Okezone Edukasi

Berita59 Dilihat

JAKARTA – Bermimpi bisa kuliah di luar negeri sekelas Harvard University, Oxford University, atau Cambridge University? Wujudkan impianmu mulai detik ini, jangan membuang waktu.

Ada seribu langkah untuk mewujudkan impian itu. Kamu harus mempersiapkan berbagai hal sebelum mencapai ke sana.

 BACA JUGA:

Dilansir dari India.com, Minggu (20/8/2023), sejumlah cara bisa kamu persiapkan sebagai jurus untuk bisa menapaki impianmu. Tidak ada yang mustahil jika persiapanmu matang. Apa saja?

 

Tips Kuliah di Luar Negeri

1.Mulailah dengan Prestasi

Merencanakan dengan hati-hati sejak awal sangat penting untuk diterima di universitas bergengsi. Tujuan utama bagi calon mahasiswa adalah harus mencapai keunggulan akademik di sekolah menengah untuk meletakkan dasar akademik yang kuat. Kepribadian yang utuh dapat ditunjukkan selain prestasi akademik melalui partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, posisi kepemimpinan, dan pengabdian masyarakat.

2.Keunggulan Akademik adalah Yang Terpenting

Institusi top terkenal dengan standar akademik mereka yang ketat. Calon siswa harus mengejar keunggulan dalam kinerja akademik mereka secara teratur, mempertahankan nilai bagus, dan merangkul mata pelajaran yang menantang. Tes standar seperti SAT atau ACT juga diperlukan untuk masuk. Untuk mendapatkan skor kompetitif, diperlukan persiapan dan latihan yang matang.

 BACA JUGA:

3.Buat Pernyataan Pribadi yang Menarik

Panitia penerimaan lebih memilih siswa yang menonjol karena kepribadian dan pengalaman mereka yang khas. Pernyataan pribadi yang meyakinkan yang menonjolkan minat, motivasi, dan hasrat Anda dapat memberikan pengaruh yang besar. Bagikan pengalaman yang mengilustrasikan karakter dan perjalanan kamu, menunjukkan mengapa kamu sangat cocok untuk komunitas institusi.

 

4.Surat Rekomendasi

Karakter, etos kerja, dan potensi kamu terungkap dalam surat rekomendasi yang kuat dari profesor, guru, kepala sekolah, dosen, mentor, atau atasan. Investasikan waktu dalam mengembangkan hubungan yang bermakna dengan mereka yang dapat membuktikan kemampuan dan pencapaian kamu. Rekomendasi unik dapat memberi aplikasi kamu lebih banyak peluang.

Baca Juga  Pacar Ngebet Nikah, Dewi Perssik Belum Bernyali : Okezone Celebrity


Follow Berita Okezone di Google News


5.Kejar Kegiatan Ekstrakurikuler

Institusi teratas mendorong individu berpengetahuan luas yang memberikan kembali kepada komunitas mereka. Berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler yang berarti bagi kamu. Baik itu penelitian sains, atletik, seni, atau aktivitas sosial, menunjukkan dedikasi dan efek dapat membantu menonjolkan aplikasi kamu.

 BACA JUGA:

6. Riset Tentang Program yang Kamu Inginkan

Pahami program yang ditawarkan oleh universitas tempat kamu melamar. Buat aplikasi khusus yang mencerminkan bidang studi pilihan kamu. Untuk menunjukkan dedikasi dan kegembiraan kamu, tekankan hasrat akademis, pengalaman yang dapat diterapkan.

7.Terus Perbarui Tenggat Waktu dan Persyaratan

Kegagalan untuk memenuhi tenggat waktu aplikasi mungkin merupakan kesalahan. Simpan catatan terperinci tentang tenggat waktu, persyaratan, dan materi tambahan apa pun yang diperlukan untuk aplikasi kamu. Mengirimkan aplikasi yang menyeluruh dan terorganisir dengan baik menunjukkan perhatian kamu terhadap detail dan dedikasi.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *